5 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Generasi Muda


Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1614

Menumbuhkan rasa cinta tanah air pada generasi muda merupakan pekerjaan yang sulit bagi Pemerintah. Terutama di era gempuran teknologi digital yang sangat hebat saat ini. Para generasi muda cenderung lebih tertarik terhadap negara lain.

Gempuran budaya luar yang disampaikan melalui media internet membuat sedikit demi sedikit jiwa nasionalisme dapat tergerus. Perjuangan para pahlawan terlupakan dan pada akhirnya bangsa Indonesia akan kehilangan jati diri.

Tidak ingin hal ini terjadi, maka mulai sekarang harus ditanamkan dan ditumbuhkan kecintaan terhadap tanah air. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasan berikut ini

5 Cara Menanamkan dan Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

Mencapai kemerdekaan Indonesia bukan hal mudah, dibutuhkan perjuangan seluruh bangsa untuk bisa meraihnya. Sebagai generasi muda, tugas yang diemban adalah menjaga kemerdekaan ini dan membawa Indonesia menunjukkan eksistensinya di mata dunia.

Akan tetapi, tugas ini akan sulit apabila kecintaan akan tanah air tidak dimiliki. Untuk bisa memiliki rasa cinta terhadap tanah air ada beberapa cara dapat dilakukan, yaitu:

  1. Menumbuhkan Nasionalisme

Langkah pertama adalah menumbuhkan nasionalisme dengan cara menumbuhkan perasaan cinta serta kasih sayang terhadap bangsa dan negara. Salah satu contoh yang simpel adalah dengan bangga menggunakan produk asli buatan Indonesia.

Ada banyak produk buatan anak negeri yang memiliki kualitas bagus serta berkualitas, sebagai contoh pakaian, sepatu, tas, dan lain sebagainya. Selain berkualitas, harganya juga ramah di kantong. Masih enggan memakai produk lokal?

  1. Belajar dari Sejarah

Rasa cinta tanah air juga bisa ditumbuhkan dengan rajin mempelajari sejarah bangsa. Terutama sejarah menyangkut masa-masa perjuangan kemerdekaan.

Dengan membaca sejarah para pejuang, maka akan tahu bagaimana sulitnya mendapatkan kemerdekaan sehingga menghargai apa yang dimiliki saat ini. Ada banyak buku menuliskan tentang sejarah yang bisa dibaca.

Bahkan ada cara simpel untuk belajar sejarah yaitu dengan mencari informasinya di internet. Anda juga bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah untuk melihat dan belajar langsung.

  1. Tidak Menjadi Penyebar Berita Hoaks

Di internet Anda bisa menemukan segala informasi dengan mudah, tapi tidak selalu informasi baik tersedia. Terkadang bisa ditemukan banyak informasi negatif atau berita yang tidak berdampak baik.

Oleh sebab itu, pengguna internet harus berhati-hati, terutama dalam memilih informasi. Jangan sampai termakan berita hoaks apalagi ujaran kebencian, apalagi membagikannya ke banyak orang.

Cek dulu sumber informasi sebelum membagikannya ke akun media sosial sehingga tidak menjadi penyebar berita hoaks dan menjadi pelaku ujaran kebencian.

  1. Mengenali Kebudayaan Bangsa

Cara lainnya adalah dengan mengenali kebudayaan bangsa. Indonesia kaya akan berbagai macam budaya dan kesenian sehingga menjadi kebanggaan setiap warga negara.

Jangan pernah merasa bahwa kebudayaan tersebut kuno, tapi banggalah menjadi bagian negara yang berbudaya. Meskipun tidak menjadi bagian penggiat budaya, tapi setidaknya jangan menjadi orang yang menghina budaya sendiri.

  1. Mencintai Keindahan Negeri Sendiri

Liburan ke luar negeri dan melihat keindahan negara lain menjadi salah satu tren di kalangan atas masyarakat Indonesia. Mengunjungi negara lain boleh saja, tapi jangan sampai mengabaikan keindahan negeri sendiri.

Ada banyak keindahan alam yang langsung dilukis oleh Tuhan YME di Indonesia. Masih asri dan asli, polesan langsung dari kuas Sang Pencipta. Jadi, tidak perlu repot-repot dan mengeluarkan banyak uang untuk liburan ke luar negeri.

Pantai-pantai di Bali, keindahan alam Lombok, pulau Komodo, Labuan Bajo, Raja Ampat, beberapa lokasi tersebut merupakan keindahan alam lokal yang bisa Anda kunjungi. Bahkan masih banyak lagi lokasi wisata lain yang tidak kalah menarik.

Masa depan bangsa ada di tangan para pemuda sehingga generasi muda wajib memiliki kecintaan terhadap tanah air. Tidak semua orang punya rasa cinta yang besar terhadap tanah air. Oleh sebab itu, rasa cinta tanah air perlu ditanamkan dan ditumbuhkan semenjak dini.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.