Pengertian Tekstil dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia


Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1614

Tekstil merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia, tapi masih banyak orang belum paham tentang tekstil dan manfaatnya. Bahkan yang bekerja di sektor ini juga banyak belum memahaminya.

Jika diartikan secara bahasa tekstil merupakan bahan tenun berupa kain putih, kemudian diubah menjadi berbagai busana dengan tampilan menarik yang dapat dijual untuk menghasilkan uang. Agar lebih jelas mengenai tekstil, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Bahan Tekstil?

Bahan tekstil merupakan suatu bahan yang didapatkan dari pengolahan serat sehingga menghasilkan benang, kemudian dijadikan kain. Jadi, bisa dikatakan juga sebagai apa saja bahan-bahan yang dihasilkan dari serat untuk dijadikan benang maupun kain.

Bisa dikatakan sebagai bahan dasar untuk berbagai busana, baik diolah menggunakan tangan maupun mesin. Selain itu, juga dipergunakan untuk berbagai kebutuhan lain di berbagai sektor penting. Ada beberapa dasar untuk membedakan bahan ini yaitu:

  1. Berdasarkan Produk

Berdasarkan produknya, terdiri atas beberapa jenis lagi, seperti serat staple, benang, serat filament, busana, dan berbagai kerajinan lainnya.

 

Produk yang dihasilkan dari pengolahan bisa berbagai bentuk dan jenisnya, tergantung dari bahan, proses pengolahan, serta permintaan dari pasar.

 

  1. Berdasarkan bahan

Dilihat dari bahan tekstil dan Manfaatnya dapat dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu serat alam, serat sintetis, dan serat campuran. Setiap jenis memiliki keunggulan dan peruntukan masing-masing, serta bersifat bisa saling menggantikan.but

 

  1. Berdasarkan Motif

Jika dibedakan berdasarkan motif akan sesuai dengan motif dari bahan dasar itu sendiri, sebagai contoh putih polos, berwarna, warna-warni, berpola, bergambar, dan lain sebagainya.

 

  1. Berdasarkan Pembuatannya

Kemudian apabila dibedakan atas cara pembuatannya dapat dibedakan berdasarkan konstruksi pembuatannya, bisa berbentuk rajut, benang tunggal, rendah, maupun tenun.

 

Tekstil dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika dijabarkan  manfaat dari tekstil, maka mencakup dari bagaimana fungsi dari tekstil itu sendiri. Ada yang digunakan sebagai bahan pembuatan busana, sepatu, tas, juga berbagai kebutuhan lainnya. Berikut beberapa manfaat dari bahan tekstil:

  1. Pembuatan Busana

Kebanyakan hasil dari pengolahan tekstil memang lari ke pembuatan busana. Mulai dari pembuatan baju hingga berbagai kebutuhan pakaian lainnya. Ada yang dibuat untuk kebutuhan pakaian maupun fashion.

Sebagai contoh pembuatan pakaian, seperti kemeja, celana, rok, kaos, hingga kaos kaki. Kebutuhan tambahan lainnya seperti sepatu, topi, tas, serta berbagai produk lainnya.

Pembuatan busana masih menjadi prioritas produksi dengan bahan tekstil. Di Indonesia bukan hanya untuk pemenuhan dalam negeri, tapi hingga diekspor ke manca negara.

 

  1. Keperluan Militer

Dalam dunia militer juga dibutuhkan bahan-bahan tekstil untuk berbagai kebutuhan, terutama pembuatan pakaian militer, yaitu seragam untuk para TNI, Polisi, dan tenaga militer lainnya.

Kemudian juga diperlukan untuk pembuatan tenda yang dipergunakan dalam berbagai keadaan genting. Selain itu, pembuatan parasut, sepatu, kaos kaki, hingga ransel yang dipergunakan para abdi militer Indonesia.

 

  1. Perlengkapan Medis

Dunia medis juga membutuhkan berbagai bahan-bahan tekstil untuk memenuhi perlengkapan. Sebagai contoh seragam yang dikenakan dokter, perawat, hingga pasien.

Ditambah lagi perlengkapan untuk ranjang rawat, seperti seprei, selimut, bantal, kasur, dan berbagai perlengkapan lain yang dibutuhkan. Selain itu, juga diperlukan memenuhi berbagai perlengkapan medis, seperti kain kasa, kapas, dan sebagainya.

 

  1. Kebutuhan Industri

Selanjutnya, juga memiliki manfaat di bidang industri dalam produksi berbagai kebutuhan serta keperluan yang berhubungan dengan alat penunjang keselamatan. Mulai dari pakaian kerja, tali, conveyor, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Bahan tekstil dari hasil olahan pabrik maupun tangan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Baik berperan langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, keberadaannya menjadi penting, bahkan di Indonesia menjadi sektor penting serta diutamakan. Penting untuk mengenal bahan tekstil dan manfaatnya, karena masing-masing bahan punya fungsi berbeda sesuai dengan peruntukannya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.