BBM Naik, Berikut Trik Hidup Hemat dan Langkah Mengatur Keuangan Keluarga


Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1614

Kenaikan biaya dan harga kebutuhan pokok yang dipicu oleh kenaikan harga BBM, membuat para ibu maupun bapak rumah tangga harus mencari trik hidup hemat. Karena kenaikan biaya hidup ini tidak disertai dengan kenaikan gaji maupun pendapatan.

Oleh sebab itu, mengatur keuangan dari pendapatan setiap bulannya benar-benar harus dilakukan dengan baik. Sebab permasalahan ekonomi banyak menjadi pemicu perpecahan keluarga.

Agar keluarga Anda tidak mengalami permasalahan keuangan di tengah kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok, maka kami berikan beberapa tips bagaimana melakukan pengelolaan keuangan yang baik agar ketenangan keluarga tetap terjaga.

5 Trik Hidup Hemat dengan Mengatur Pengeluaran

Pendapatan kecil di tengah kenaikan harga berbagai kebutuhan merayap naik memang menjadi permasalahan yang sangat memusingkan. Namun, hal ini bisa diatasi apabila Anda menerapkan trik berhemat berikut ini:

  1. Belanja di Pasar Tradisional

 

Kapan terakhir kali Anda pergi ke pasar tradisional? Di tengah kemajuan teknologi saat ini belanja memang sangat mudah dilakukan, tinggal gunakan handphone bisa beli apa saja dengan mudah.

Kebanyakan orang lebih memilih cara membeli yang mudah ini, karena lebih praktis dan juga gaya hidup. Terutama pergi belanja ke ritel atau convenience store menjadi kebiasaan serta gaya hidup, terutama di perkotaan.

Namun, tahukah Anda apabila berbelanja di pasar tradisional bisa menghemat pengeluaran. Walaupun banyak diskon ditawarkan di ritel, tapi pasar tradisional menawarkan harga lebih murah.

Jadi, coba biasakan berbelanja di pasar tradisional seperti untuk membeli beras, ikan, sayur mayur, dan berbagai kebutuhan lainnya. Akan banyak penghematan bisa dilakukan.

  1. Simpan Recehan

Trik hidup hemat berikutnya adalah menyimpan recehan dari kembalian belanja. Misalnya, recehan Rp500 atau Rp1000, kumpulkan dalam tabungan atau stoples bekas.

Jika seluruh keluarga melakukan hal ini dan membiasakan menyimpan receh, maka lama kelamaan jumlahnya akan bertambah dan bisa digunakan membeli berbagai kebutuhan rumah tangga. Jadi, jangan remehkan recehan Anda.

  1. Kurangi Makan di Luar

Salah satu pengeluaran yang cukup menguras keuangan adalah makan di luar. Jika bisa hindari terlalu sering makan di luar, terutama tidak melakukannya setiap hari. Apabila bisa masak sendiri, lebih baik memasak di rumah.

Makan di luar yang biasa dilakukan setiap hari bisa dikurangi hingga seminggu sekali. Jadi, bukan melarang makan di luar, tapi hanya menguranginya saja. Karena masih banyak kebutuhan lain harus dipenuhi.

  1. Disiplin dengan Tagihan dan Cicilan

Setiap rumah tangga pasti punya tagihan maupun cicilan yang harus dibayar setiap bulan, seperti tagihan listrik, air, maupun internet. Belum lagi cicilan mobil, rumah, maupun biaya lain yang rutin dikeluarkan.

Anda harus membayar pengeluaran rutin ini dengan disiplin. Bayarlah tepat pada waktunya, jangan sampai terkena denda. Sebab denda yang dikenakan bisa cukup besar dan menghabiskan dana simpanan Anda.

Dahulukan untuk membayar berbagai tagihan dan cicilan serta atur tanggal pembayarannya. Anda bisa memanfaatkan promo dari berbagai merchand untuk mendapatkan potongan pembayaran maupun cashback.

  1. Hindari Menggunakan Paylater

Menggunakan paylater merupakan salah satu gaya hidup masyarakat Indonesia, begitu juga dengan melakukan pinjaman online. Belajar dari pengalaman pengguna paylater atau pinjaman online, sisi negatifnya cukup banyak.

Pertama, membuat Anda memaksakan membeli sesuatu ketika tidak memiliki uang. Kedua, membuat Anda menjadi konsumtif terhadap barang kebutuhan yang sebenarnya tidak urgent.

Ketiga, Anda harus membayar biaya admin dan akan menguras isi kantong. Keempat, jika tidak bisa membayar tepat waktu akan kena denda yang makin lama makin membengkak sehingga menghabiskan uang Anda hanya untuk denda saja.

Jadi, alangkah baiknya jika tidak menggunakan Paylater maupun jasa pinjaman online. Dengan demikian, pengeluaran akan lebih terkontrol dan sesuai antara pendapatan dengan gaya hidup.

 

Kenaikan BBM memang berimbas pada merangkaknya harga berbagai kebutuhan pokok. Sementara itu, tidak diiringi dengan kenaikan pendapatan. Oleh sebab itu, Anda yang harus pintar-pintar mengatur keuangan dengan menggunakan trik hidup hemat.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.