Pengertian Kerja Cerdas dan Implementasinya dalam Dunia Kerja


Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1614

Saat ini di dunia kerja, para pekerja harus tahu apa pengertian kerja cerdas dan bagaimana mengimplementasikannya ketika bekerja. Sebab konsep ini merupakan keharusan untuk mencapai kesuksesan.

Kerja cerdas merupakan istilah yang sudah umum di telinga pekerja, di mana konsep ini mengajarkan cara lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan. Agar lebih memahami mengenai konsep ini, mari simak paparan berikut ini.

Apa Pengertian Kerja Cerdas?

Sederhananya kerja cerdas merujuk pada kondisi ketika seseorang dapat menempatkan pekerjaan sesuai porsi dan prioritasnya. Dengan memanfaatkan teknologi dan waktu secara maksimal.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil terbesar dan terbaik, tapi hanya memerlukan usaha lebih sedikit. Dengan metode ini, maka kesuksesan dalam bekerja akan lebih mudah dicapai.

Pada dasarnya, bekerja cerdas adalah memberikan kebebasan pada karyawan untuk memilih cara bekerja yang paling efektif dan fleksibel sesuai dengan kemampuannya. Tentu saja, diperlukan karyawan dengan kemampuan sumber daya manusia yang memadai.

Dalam hal ini, karyawan harus bisa memahami kebutuhan diri sendiri, mulai dari keahlian yang dimiliki, batas kemampuan, dan memaksimalkan pengaturan dalam bekerja.

Jadi, kerja cerdas bukan tentang berusaha mati-matian dalam mencapai tujuan atau menyelesaikan pekerjaan. Melainkan, memahami keunggulan diri dan mampu memanfaatkan sumber daya sekitar, terutama teknologi, untuk penyelesaian pekerjaan.

10 Langkah Implementasi Kerja Cerdas di Dunia Kerja

Bekerja cerdas adalah bagaimana Anda mencapai tujuan dengan cara efektif, efisien, dan produktif. Artinya harus ada planning dalam bekerja. Oleh sebab itu, dalam mengimplementasikannya dibutuhkan 10 langkah berikut:

  1. Buat Jadwal pekerjaan Harian, Mingguan, dan Bulanan

Pertama, Anda harus membuat jadwal kerja sehingga tahu apa yang harus dilakukan ketika sampai di tempat kerja. Bekerja akan lebih produktif karena sudah tahu apa yang akan dilakukan.

Mari, mulai buat jadwal pekerjaan Anda baik harian, mingguan, maupun bulanan sehingga punya panduan sehingga ritme bekerja menjadi lebih baik dan meminimalisasi waktu terbuang.

 

  1. Tentukan Skala Prioritas

Lanjutkan dengan menentukan skala prioritas Anda, kerjakan mana pekerjaan yang penting, terutama apabila memiliki tenggat waktu penyelesaian.

 

  1. Kerjakan Satu per Satu

Pengertian kerja cerdas adalah bagaimana bekerja secara efektif, jadi paling baik apabila Anda mengerjakan setiap pekerjaan satu per satu. Jangan mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu, karena akan kehilangan fokus.

 

  1. Beri Tenggat Waktu

Anda juga perlu menetapkan tenggat waktu untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan. Karena jika tidak menggunakan tenggat waktu kebanyakan orang senang menunda dan akhirnya tidak bisa selesai sesuai jadwal.

 

  1. Kenali Kapan Waktu Produktif

Setiap orang punya waktu produktif masing-masing, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk diri sendiri dan fokuslah bekerja di waktu tersebut.

 

  1. Fokus pada Tujuan

Ketika fokus pada tujuan Anda tidak akan mudah tergoda dengan hal lain. Dengan demikian maka tidak akan terdistraksi oleh berbagai gangguan-gangguan kecil seperti mengecek notifikasi handphone atau mengobrol dengan rekan kerja.

 

  1. Pastikan Tetap Fleksibel

Meskipun bekerja dalam deadline dan sudah punya jadwal, tapi Anda harus tetap bisa fleksibel, sebab ada kemungkinan perubahan waktu, lingkungan, dan kondisi.

 

  1. Cari Teknik Kerja yang Tepat

Selanjutnya, pastikan Anda mencari teknik bekerja yang tepat sesuai dengan pekerjaan sehingga tetap efektif dan efisien.

 

  1. Tingkatkan Skill

Meningkatkan skill tetap menjadi hal yang harus diprioritaskan, terutama dalam hal menggunakan teknologi, karena setiap harinya selalu ada teknologi baru tercipta untuk mempermudah kerja manusia.

 

  1. Istirahat yang Cukup

Jangan lupa tetap selalu beristirahat cukup, untuk memastikan otak, tubuh, dan jiwa lepas dari ketegangan bekerja sehingga siap mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

Saat ini konsep kerja cerdas sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Untuk menerapkannya dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan. Mari mulai menerapkannya ketika bekerja, untuk mencapai sukses dalam karier yang saat ini tengah dirintis.

Mulai saat ini Anda perlu mengenal tentang pengertian kerja cerdas, kemudian mengetahui bagaimana cara melakukannya sehingga dapat mengimplementasikannya saat bekerja.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.