Perjuangan Dharma Wanita Persatuan Indonesia untuk Anggota dan Keluarga


Notice: Undefined index: sfsi_plus_mastodonIcon_order in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1748

Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1702

Apakah Anda sudah pernah mendengar organisasi Dharma Wanita Persatuan Indonesia? Masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari organisasi ini dan siapa saja anggotanya. Jadi, organisasi kemasyarakatan ini menghimpun serta membina istri PNS RI.

Aktivitas di dalamnya mencakup berbagai bidang, mulai dari pendidikan, sosial budaya dan ekonomi. Tujuan organisasi ini secara garis besar adalah menyejahterakan anggota serta keluarganya lewat peningkatan kualitas dari sumber daya para anggotanya.

Jadi, tujuan nasional sesuai UUD 1945 dan Pancasila bisa tercapai. Apa saja perjuangan organisasi ini? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencermati ulasan berikut. Tapi, sebelum itu, akan ada penjelasan lanjutan sekilas tentang Dharma Wanita ini.

 

Penjelasan Sekilas Tentang Dharma Wanita Indonesia

Walaupun Dharma Wanita memiliki hari ulang tahun tanggal 5 Agustus, perayaannya dilakukan setiap tanggal 7 Desember. Bukan hanya istri PNS saja yang menjadi anggota organisasi kemasyarakatan ini, ada juga istri pegawai BUMN serta istri anggota ABRI.

Amir Machmud, selaku Ketua Dewan Pembina KORPRI merupakan pendiri organisasi ini atas prakarsa dari ibu negara, yakni Tien Soeharto. Pada tahun 1998 silam, organisasi ini sudah tidak berhubungan dengan politik.

Jadi, sudah berubah menjadi organisasi kemasyarakatan yang mendukung demokrasi, netral dan independen. Pada era pemerintahan Gusdur, yaitu pasca reformasi, perubahan nama dari Dharma Wanita menjadi ditambah Persatuan.

Beberapa tugas organisasi ini yaitu membina anggota dalam upaya mempertahankan persatuan kesatuan, menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta kepedulian sosial.

Selain itu, juga bertugas melakukan pembinaan spiritual dan mental anggota supaya senantiasa bertawakal kepada Tuhan, berbudi serta berkepribadian luhur. Berbagai kegiatan organisasi ini diarahkan untuk mengutamakan peningkatan kualitas SDM pengurus dan anggotanya.

 

Inilah Perjuangan Dharma Wanita Persatuan Indonesia Menyejahterakan Anggota Beserta Keluarganya

Perjuangan Dharma Wanita Indonesia dalam upaya menyejahterakan anggota beserta keluarganya, dibuktikan dengan berbagai program kegiatan yang sudah dilaksanakan. Sebenarnya untuk program ini ada banyak dan setiap wilayah memiliki fokus berbeda.

Perbedaan ini terletak pada detail program yang dilaksanakan, menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Namun, secara umum seperti sudah disebutkan sebelumnya, meliputi tiga aspek yaitu pendidikan, sosial budaya dan ekonomi sebagaimana pada ulasan berikut:

 

  1. Pendidikan

Pertama adalah bidang pendidikan, yang mencakup dua kegiatan yaitu formal dan non formal. Organisasi ini sudah membantu beberapa sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satunya bekerja sama dengan berbagai pihak yang berkenan membantu. Kegiatan yang dilakukan seperti mengadaan tenaga untuk tata usaha, memberikan lahan untuk proses pendirian sekolah, menambah perabotan dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk pendidikan non formal, kegiatan yang dilakukan organisasi ini salah satunya ceramah. Salah satu contoh tema yang dibawakan saat ceramah adalah etika berbusana. Aktivitas non formal lainnya yaitu mengadakan kunjungan kerja.

 

  1. Sosial Budaya

Perjuangan Dharma Wanita Persatuan Indonesia berikutnya adalah bidang sosial budaya, Dharma Wanita sudah melakukan kunjungan kepada wilayah yang mengalami musibah. Bukan hanya berkunjung, organisasi ini juga memberikan bantuan sesuai kemampuan.

Selain itu, juga memberikan sumbangan untuk membantu proses pembangunan atau renovasi masjid. Aktivitas lainnya mengunjungi anggota lain yang sakit serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan memberikan sumbangan dana.

 

  1. Ekonomi

Bidang terakhir adalah ekonomi yang berfungsi meningkatkan kemampuan penghimpunan dana sebagai upaya untuk mengembangkan organisasi maupun meningkatkan kesejahteraan pengurus serta anggota.

Sudah banyak kerja sama yang dilakukan organisasi ini dalam bidang ekonomi. Beberapa diantaranya membuat kantin, menjual produk rumah tangga, menghimpun tabungan pengurus, memberikan layanan simpan pinjam dan masih banyak lainnya.

Bila Anda merupakan salah satu pengurus atau anggota organisasi ini, meningkatkan pengelolaannya supaya lebih maksimal tentu memberikan lebih banyak dampak positif. Dan bagi masyarakat awam akan lebih terbantu lagi dengan adanya Dharma Wanita Persatuan Indonesia.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *