Peran Guru bagi Pelajar di Bidang Pendidikan

Guru menjadisalah satu profesi mulia, yang dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa bagi setiap orang. Tentunya tanpa ada profesi tersebut, kita akan sulit memahami setiap hal yang ada di kehidupan, serta menuntut ilmu merupakan hal mustahil. Tenaga pendidik menjadi profesi yang akan selalu dibutuhkan umat manusia, dengan adanya ilmu yang kita dapatkan, maka kehidupan akan jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Namun tenaga pendidik tidak hanya memberikan ilmu kepada siswa siswinya.

Melainkan sebagai pembimbing atau pengganti orang tua saat kita berada di sekolah, mereka yang akan membimbing dan mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan. Di Indonesia sendiri, pada umumnya anak akan menjalankan program wajib belajar, selama 12 tahun. Tentunya hal ini akan berdampak pada pola pikir, serta perubahan sikap pada siswa tersebut. Dengan beragamnya sifat yang dimiliki oleh setiap murid, tenaga pendidik pastinya mengalami kesulitan dan berbagai rintangan setiap harinya.

Peran Besar Guru bagi Siswa dan Siswi dalam Belajar

Tenaga pendidik memiliki peranan begitu besar bagi siswa siswinya, dengan ilmu pengetahuan yang telah mereka berikan, pastinya Anda sebagai siswa atau siswi merasa berterima kasih karena telah mendapat pembelajaran yang akan bermanfaat bagimasa depan.

1.   Pendidik

Peran utama seorang tenaga pengajar adalah pendidik, dimana ia akan menjadi panutan bagi siswa dan siswi di sekolah. Sehingga seseorang dengan profesi sebagai tutor atau tenaga pendidik, pastinya memiliki standar dan kualitas tertentu yang harus dipenuhi. Sebagai ahli didik yang baik,Anda perlu mencontohkan hal-hal terpuji di depan para siswa, agar mereka dapat mengikuti perilaku terpuji tersebut. Maka dari itu sebagai ahli didik, diperlukan adanya rasa tanggung jawab, kewibawaan, disiplin dan sifat terpuji lainnya.

2.   Fasilitator

Menjadi seorang pengajar tentunya tidak mudah, sebab Anda dianggap sebagai orang terhormat karena telah mengajarkan ilmu-ilmu bermanfaat kepada para siswa. Tidak hanya dianggap sebagai pendidik, namun juga dianggap sebagai fasilitator. Dimana tenaga pendidik pastinya memberikan fasilitas kepada siswa berupa pelayanan, agar mereka dapat menerima dan memahami materi pembelajaran yang diberikan, dengan begitu proses pembelajaran akan jauh lebih efektif dan efisien.

3.   Penasihat

Meskipun menjadi seorang tenaga pendidik, Anda tidak mendapat pembelajaran mengenai pemberian nasihat, namun sikap ini akan muncul dengan sendirinya. Saat berada di sekolah, tenaga pendidik yang akan selalu mendampingi dan membimbing siswa. Sehingga ada kalanya siswa melakukan kesalahan, atau tidak bersemangat saat belajar. Di saat itulah peran tenaga pendidik hadir, dengan memberikan nasihat positif yang dapat membuat siswa merasa bahwa Anda merupakan orang kepercayaan mereka saat berada di sekolah.

4.   Innovator

Saat mengajar biasanya tenaga pendidik tidak hanya dianggap sebagai penyalur ilmu, namun juga sebagai innovator. Dimana biasanya ia akan membagikan pengalaman di masa lalunya kepada para siswa, sebab rentang usia yang dimiliki keduanya juga terpaut jauh. Dengan tenagapendidik menerjemahkan pengalaman mereka, maka siswa bisa mendapatkan ilmu berharga dan bermakna dalam kehidupan. Dan biasanya siswa akan lebih senang, jika dalam proses pembelajaran juga diselingi dengan membagikan cerita-cerita seperti itu.

5.   Motivator

Tenaga pendidik bahkan bisa juga menjadi seorang motivator, pastinya mereka akan memberikan kalimat positif, yang bisa membuat para siswa merasa semangat untuk menuntut ilmu mereka setinggi-tingginya. Tentunya hal tersebut merupakan hal positif, dan wajib dimiliki oleh setiap tenaga pendidik. Dengan memberikan semangat atau kalimat motivasi kepada siswa, rasa malas yang sering menghampiri mereka dapat hilang dengan mudah.

Peran tenaga pendidik memang sangat banyak, hal itulah yang membuat profesi mereka spesial. Dengan ilmu pengetahuan yang telah guru berikan, tentunya hal itu akan bermanfaat bagi Anda di kehidupan masa depan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *