Penyebab Model Pakaian Anak lebih Mahal dari Pakaian Dewasa

Ada berbagai model pakaian anak dengan beragam material yang bisa Anda temukan, tentunya harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Namun pernahkah Anda berpikir, mengapa harga baju anak lebih mahal dibandingkan dengan pakaian orang dewasa. Bagi para orang tua,Anda pasti sering berbelanja kebutuhan anak, karena di masa pertumbuhan mereka,pakaian yang digunakan menjadi lebih cepat sempit. Harga baju anak juga terbilang tidak murah, padahal ukurannya lebih kecil dari baju orang dewasa.

Namun pemilihan tempat Anda berbelanja pakaian, juga menjadi salah satu faktor meningkatnya harga. Jika berbelanja baju di pasar tradisional atau di toko-toko kebutuhan anak seperti Candimas, harga yang ditawarkan memang cukup murah dibandingkan di mal. Bahkan baju yang dibeli di mal, bisa memiliki harga berkali-kali lipat dari pakaian dewasa. Tentunya hal tersebut mengundang pertanyaan, sebenarnya apa alasan dan penyebab, mengapa baju anak bisa memiliki harga yang begitu mahal.

Penyebab Model Pakaian Anak Lebih Mahal dari Pakaian Dewasa

Pakaian memang menjadi kebutuhan bagi setiap manusia, dan hal itulah yang membuat permintaan akan produk tersebut cukup tinggi. Dengan harga baju anak yang cukup mahal, nyatanya hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika permintaan pakaian anak akan menurun.

1.   Handmade

Kebanyakan perusahaan produsen pakaian anak, memang menggunakan mesin dengan teknologi canggih. Namun untuk menghasilkan baju dengan kualitas terbaik, masih banyak perusahaan yang membuat baju secara handmade atau buatan tangan. Kebanyakanbajuanakdibuatsecara manual, sebab ukurannya tidak terlalu besar sehingga beberapa perusahaan memilih untuk membuatnya secara handmade. Selain itu pakaian yang dibuat secara handmade dinilai lebih rapi, dan meminimalisir adanya cacat produk.

2.   Penawaran Lebih Rendah dari Permintaan

Jika ditelusuri toko pakaian anak lebih sedikit, dari pada toko baju dewasa. Itulah salah satu faktor membuat baju anak menjadi mahal, dan penawaran lebih rendah dibanding permintaan. Dengan

adanya kelahiran setiap tahunnya, pastinya penawaran akan menjadi rendah. Meskipun ukuran pakaiannya lebih kecil, namun biaya proses produksinya memangkas biaya yang sama dengan pembuatan baju orang dewasa. Sehingga tidak salah, jika pakaian anak memang memiliki harga cukup mahal, ditambah beberapa faktor lainnya.

3.   Material Bahan Lebih Nyaman

Penyebab lainnya adalah material yang digunakan lebih nyaman, tentu saja sebagai orang tua, kita menginginkan yang terbaik untuk anak. Dan pemilihan material berkualitas pakaian menjadi  salah satunya, namun hal tersebut membuat harga baju menjadi mahal. Beberapa perusahaan juga menggunakan material bahan anti bakteri,sehingga ketika mereka berkeringat tidakada bakteri menempel. Orang dewasa mungkin akan mudah beradaptasi jika pakaian dirasa kurang nyaman, namun anak akan mudah rewel jika baju dirasa tidak nyaman.

4.   Pola Pikir Orang Tua

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya, halitulah yang membuat mereka tidak merasa keberatan jika harus mengeluarkan biaya cukup mahal untuk keperluan sikecil. Dan hal ini menjadi salah satu penyebab, mengapa pakaian anak bisa meningkat harganya. Orang tua memang selalu mengutamakan kebutuhan sikecil, mereka rela mengeluarkan cukup banyak uang untuk keperluannya. Pola pikir tersebutlah yang menjadi kan harga baju menjadi naik, namun mereka tetap membelinya.

5.   Proses Pembuatan Lebih Rumit

Selain rasa nyaman yang dirasakan sikecil, tentunya motif menarik pada baju atau celana mereka bisa membuat mereka lebih senang dan semangat dalam beraktivitas. Jika Anda perhatikan seksama, pakaian anak memiliki motif, warna serta gambar lebih beragam. Tentunya dalam proses pembuatan baju tersebut akan lebih rumit, berbeda halnya dengan pakaian dewasa jauh lebih simple dan tidak terdapat terlalu banyak motif atau bordir.

Baju dan celana sikecil merupakan kebutuhan yang wajib orang tuapenuhi, selain memperhatikan masalah harga, sepertinya orang tual ebih mengutamakan kualitas bahan dari pakaian tersebut, dan salah satu jenis bahan yang nyaman pada anak adalah Tencel.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *