Memperingati Maulid Nabi Muhamad 2021 di Saat Pandemi

Memperingati Maulid Nabi tetap dapat dilaksanakan ditengah pandemic Covid-19 meski tidak harus dilakukan secara langsung dengan menimbulkan kerumunan.

Ada banyak hal yang sulit untuk dilakukan ditengah pandemic Covid-19. Mulai dari melakukan kegiatan di luar rumah, liburan, bekerja di kantor hingga melakukan ibadah di tempat ibadah.

Terlebih Pemerintah Indonesia memberlakukan beberapa kebijakan seperti PPKM yang membatasi kegiatan di luar rumah. Oleh karena itu beragam aktivitas termasuk ibadah harus dilakukan di dalam rumah.

Umat Islam sendiri merasakan betul bagaimana efek dari kebijakan tersebut di aspek ibadah. Contohnya adalah pelarangan melakukan ibadah Solat Jumat yang dilakukan dengan orang banyak di Masjid.

Namun selain ibadah rutin seperti Solat Jumat, banyak pertanyaan lain muncul terkait perayaan hari besar Islam. Seperti misalnya adalah bagaimana dengan acara Memperingati Maulid Nabi.

Melaksanakan Maulid Nabi Muhamad 2021 Dalam Keadaan Pandemi

Pemerintah sendiri belum mengeluarkan keputusan terkait pelarangan atau kebolehan mengadakan acara peringatan Maulid Nabi di tahun 2021. Namun berkaca pada tahun 2020, MUI tidak memberikan larangan untuk melakukannya.

Meski begitu, Anda tetap harus menunggu kepastian kebijakan pemerintah sebelum memutuskan untuk melaksanakannya. Sebab pemerintah sendiri masih memberlakukan perpanjangan PPKM Level 3 & 4 hingga 9 Agustus.

Selain memperhatikan kebijakan pemerintah, keputusan MUI juga harus dijadikan pertimbangan. Karena MUI adalah lembaga yang terdiri dari banyak ulama. Sehingga keputusan yang dikeluarkan MUI pasti sudah merupakan hasil kesepakatan ulama.

Tentunya umat Islam berharap agar peringatan Maulid Nabi dapat diadakan dengan besar. Tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat ketika menjalankan peringatan Maulid Nabi tersebut.

Namun jika kebijakan pemerintah tidak mengizinkan peringatan Maulid Nabi ditengah pandemic Covid-19, Anda tidak perlu berkecil hati. Sebab kebijakan tersebut pasti bertujuan baik untuk mempercepat selesainya pandemi.

Pada tahun 2020 silam, beberapa pihak juga tetap tidak mengadakan peringatan Maulid Nabi secara langsung. Beberapa pihak seperti sekolah menengah mengadakan peringatan Maulid Nabi secara daring.

Sehingga cara ini juga tetap bisa digunakan di tahun 2021 ini. Karena meski dilakukan secara daring, semangat dari Maulid Nabi tetap bisa tersampaikan dengan baik.

Semangat Maulid Nabi Muhamad 2021 Walau Dilakukan Secara Daring

Perlu untuk disadari bahwa substansi dari peringatan Maulid Nabi bukan terletak pada besarnya acara. Sebab yang lebih penting daripada itu adalah bagaimana nilai-nilai dan semangat perjuangan Nabi dapat tersampaikan.

Selama nilai-nilai dan semangat tersebut bisa tersampaikan kepada para peserta, maka pengadaan Maulid Nabi secara daring bukanlah masalah. Berikut adalah beberapa nilai dari Maulid Nabi yang perlu diperhatikan.

  1. Menjadikan Nabi Muhammad Sebagai Teladan

Peringatan Maulid Nabi adalah momen untuk memberi kesadaran menjadikan Nabi Muhammad sebagai teladan. Teladan sendiri artinya adalah orang yang dicontoh. Sehingga yang terpenting dari pengadaan maulid adalah mencontoh Nabi.

Mencontoh yang dimaksud bukan hanya mencontoh dalam aspek fisik. Namun justru yang terpenting adalah mencontoh dalam sikap dan perbuatan. Dengan begitu umat Islam bisa memiliki akhlak mulia layaknya Nabi.

  1. Menghayati Perjuangan Nabi Muhammad

Maulid Nabi juga menjadi momen yang tepat untuk menghayati perjuangan Nabi dalam mendakwahkan Islam. Sehingga meski berada ditengah pandemic Covid-19, umat Islam tetap ingat keharusan untuk menyuarakan kebaikan.

Dengan menghayati perjuangan Nabi Muhammad, umat Islam akan termotivasi dalam menghadapi keadaan pandemi. Karena jika dibandingkan kondisi Nabi pada masa awal Islam jauh lebih parah dibanding saat ini.

Umat Islam patut bersyukur memiliki sosok yang sangat tepat untuk dijadikan teladan sebagai Nabi Muhammad. Karena jalan hidup dan perjuangan Nabi mendakwahkan Islam memiliki banyak inspirasi untuk umat saat ini.

Maulid Nabi bukan hanya sebatas perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad. Dengan memperingati Maulid Nabi Muhamad 2021, umat Islam diharapkan dapat mengambil teladan dari Nabi Muhammad.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *