Lakumas Innovation Awards Ramaikan Tenun Fashion Week 2021

Tenun Fashion Week merupakan gelaran peragaan busana yang menampilkan tenun Nusantara dan negara Asia Tenggara lainnya. Di samping itu, terdapat juga rangkaian acara menarik meliputi panel diskusi hingga pemberian penghargaan. Tenun adalah teknik dalam pembuatan kain melalui prinsip sederhana. Sehingga produk yang dihasilkan dari teknik tersebut dikenal sebagai kain tenun. Di Indonesia, jenis kain satu ini termasuk dalam produk kesenian tradisional.

Kain tradisional ini memiliki beragam corak dan motif sehingga tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Beragam jenis produk tekstil tersebut masing-masing menjadi bagian dari kain Nusantara. Bukan hanya Indonesia, negara-negara lain juga memiliki produk tekstil yang menggunakan teknik tenunan. Tentu saja dengan beragam corak serta motif khas masing-masing.

Perhelatan Tenun Fashion Week 2021

Beragam corak dan motif dari berbagai negara khususnya Asia Tenggara diperagakan di sebuah perhelatan bertajuk Tenun Fashion Week. Pada tahun 2021, Tenun Fashion Week kembali dihelat. Perhelatan ini digelar selama 3 hari, yaitu tanggal 15 hingga 17 Oktober 2021. Bukan hanya peragaan busana yang menampilkan tekstil tenun. Melainkan juga beragam acara lainnya, salah satunya Lakumas Innovation Awards.

Program panel diskusi juga dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi. Erick Halim sebagai salah satu perwakilan PT. Lakumas turut berpartisipasi sebagai panelis di program panel diskusi bertajuk Innovation in Woven Textiles. Selain itu, terdapat dua program panel diskusi lainnya yang diselenggarakan pada hari pertama dan kedua. Mengingat perhelatan dilakukan di tengah masa pandemi, acara ini dapat dinikmati melalui streaming online.

Streaming online tersebut tersedia melalui dua platform internet, yakni akun Facebook dan situs resmi Tenun Fashion Week. Tentunya peragaan busana atau fashion showcase menjadi program yang paling ditunggu-tunggu. Karena akan menampilkan pproduk tekstil tenunan dari negara-negara di Asia Tenggara. Antara lain Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Indonesia sendiri membawa 13 motif tenunan pada gelaran ini.

 

Lakumas Innovation Awards, Penghargaan bagi Partisipan

Pada gelaran Tenun Fashion Week 2021, ada beberapa program yang diselenggarakan oleh panitia. Di samping fashion showcase dan panel diskusi, ada juga program awarding. Terdapat 3 awards yang diselenggarakan. Ketiganya antara lain People’s Choice Awards, Lakumas Most Innovative Weaves, dan Tenun Best Collection.

People’s Choice Awards memungkinkan masyarakat umum untuk ikut serta memilih lewat voting online. Sedangkan dua awards lainnya yaitu Lakumas Most Innovative Weaves dan Tenun Best Collection dinilai oleh tim juri secara khusus. PT. Lakumas memberikan dukungan sebagai sponsor untuk Lakumas Most Innovative Awards. Dalam program penghargaan tersebut, terdapat dua produk benang yang dijadikan sebagai bahan inovasi. Berikut ini penjelasan keduanya.

  1. Benang Tencel

Produk benang ini merupakan merek dagang yang terbuat dari material lyocell, yaitu serat selulosa buatan. Benang ini kerap dijadikan sebagai bahan di industri tekstil karena memiliki beragam kelebihan. Beberapa kelebihan tekstil dengan benang ini antara lain nyaman dipakai karena bahannya sejuk, lembut di kulit, warna tidak mudah luntur. Sifatnya anti bakteri sehingga aman untuk pemakaian sehari-hari.

  1. Benang Candimas

Ini adalah produk hasil kolaborasi dengan serat di atas. Ini menjadi bahan baku favorit dalam pembuatan tekstil khususnya tenunan tradisional. Terbukti, pengrajin dari 15 provinsi di Indonesia menyukai benang tersebut untuk produksi tenun.Lakumas sebagai perusahaan pelopor kain tradisional Nusantara selalu memberikan dukungan dalam upaya keberlanjutannya. Dengan berbagai kelebihan pada kedua jenis benang tersebut, tidak heran jika kualitas tenun Nusantara diakui dunia.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *