Bahan Sintesis yang Terbaik untuk Membuat Bendera

Bendera 17 Agustus merupakan salah satu atribut yang dapat dibuat menggunakan serat dari berbagai jenis. Kain sintetis banyak dipilih karena memberikan lebih banyak kelebihan, terutama lebih tahan lama.

Sebenarnya, serat alami juga dapat dipakai untuk membuatnya. Namun, sudah banyak industri tekstil mulai meninggalkannya. Alasannya adalah karena warna yang ada pada bendera lebih cepat memudar.

Akhinya, serat sintetis dijadikan alternatif untuk menggantikan serat alami. Jika dilihat dari berbagai sisi, serat sintetis memang jauh lebih menguntungkan. Apalagi, ada banyak sekali jenisnya yang dapat dipakai.

ada beberapa jenis kain yang dapat dipakai untuk membuat bendera, mulai dari tetoron cotton, tetoron rayon, acrylic, hingga kain satin.

Beberapa Jenis Bahan Sintesis dan Semi Sintetis

Sebenarnya, saat ini banyak sekali dijumpai serat semi sintetis hingga sintetis. Beberapa memiliki kelebihan dari sisi harga serta warna. Penasaran? Berikut beberapa jenis serat sintetis yang banyak dipakai.

  1. Tetoron Rayon (TR)

Jenis benang pertama yang cukup banyak digunakan adalah Tetoron Rayon atau yang sering disebut dengan TR. Banyak tekstil memanfaatkan benang ini karena harganya cukup murah dan mudah ditemukan.

Dari materialnya sendiri, TR dibuat dari 2 campuran benang sekaligus. Komposisinya didominasi oleh polyester dengan prosentase 65%. Sedangkan 35% sisanya menggunakan bahan dari benang rayon.

Benang rayon banyak dipakai sebagai campuran untuk membuat jenis baru, seperti TR. Rayon merupakan serat kayu dengan sifat mengkilap serta lembut. Cocok untuk melengkapi material sintetis.

TR menggunakan komposisi 35% dari rayon untuk mengambil karakter halus dan lembutnya. Hal ini juga yang membuatnya lebih banyak dipakai untuk membuat berbagai atribut, termasuk untuk membuat atribut bendera.

  1. Satin

Dari sisi kegunaan, hampir semua blus dan gaun menggunakan kain ini. Beberapa gorden juga memanfaatkan kain ini karena lebih dekoratif. Ditambah pilihan warnanya jauh lebih bervariasi dari benang lain.

Dari sisi material, kain ini terbuat dari campuran sutra serta rayon. Perpaduan kelembutan dari sutra serta rayon membuat jadi pilihan sempurna. Hal tersebut membuat gaun populer hampir pasti memanfaatkannya.

Jika dilihat dari sisi kelebihannya, maka termasuk dalam salah satu kain multifungsi. Jenis kain yang diproduksi asal China tersebut memiliki fleksibilitas cukup baik. Ditambah dengan tampilan mengkilap anti kerut.

Hal ini juga yang membuat lebih lembut dan tahan lama. Sayangnya, karena karakteristiknya tersebut, ketika mencucinya harus dilakukan lebih hati-hati. Ditambah ada perlakuan khusus saat menyetrikanya.

  1. Acrylic

Selanjutnya ada kain akrilik yang merupakan salah satu benang dengan harga paling murah. Jenis ini dibuat berdasarkan karakteristik pada kain wool. Bedanya, akrilik tidak memiliki ketahanan terhadap suhu ekstrem.

Dari sisi harga, akrilik memang jadi pilihan utama karena menawarkan harga sangat murah. Meski begitu, dari sisi kualitas tidak berbeda dengan jenis lainnya. Bahkan, akrilik masih memiliki beberapa kelebihan lainnya.

Pilihan warna pada kain ini juga jauh lebih variatif serta menggoda. Hampir semua atribut dapat menggunakan akriliki sebagai bahan bakunya. Terlebih lagi bobotnya yang ringan.

Selain itu, akrilik memiliki banyak sekali jenis lain. Baby-acrylic dan premium-acrylic merupakan 2 jenis paling banyak dipakai. Namun, selain itu masih ada kombinasi akrilik lainnya.

  1. Tetoron Cotton (TC)

Tetoron Cotton atau yang lebih sering dikenal kain TC merupakan kombinasi dari cotton dan polyester. Komposisi polyester sebesar 65%, sedangkan untuk komposisi cotton sebesar 35%.

Dari segi penggunaan, TC banyak digunakan untuk print sublim, seragam, hingga kaos partai. Meskipun lebih dominan dari bahan polyester yang karakteristiknya gerah, tapi TC mampu menyerap keringat dengan baik.

Berbagai jenis benang sebenarnya memiliki kelebihan masing-masing. Namun, secara umum hampir semua benang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk untuk membuat bendera yang lebih berkualitas.

Jika Anda sedang mencari benang seperti yang disebutkan diatas dengan bahan yang berkualitas dan terbaik. Anda bisa mencarinya di Lakumas, kami menyediakan produk benang sintesis dan semi sintesis untuk membuat bendera 17 Agustus yang bagus.

#DIRGAHAYU NKRI 76

#INDONESIATANGGUH

#INDONESIATUMBUH

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *