Lakumas Work : “Memanusiakan Manusia” Bentuk Apresiasi untuk Karyawan


Notice: Undefined index: sfsi_plus_mastodonIcon_order in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1748

Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1702

Apresiasi dalam dunia kerja adalah salah satu tindakan yang sangat diperlukan. Bentuk penghargaan bisa dilakukan melalui beberapa cara. Bukan hanya berupa dalam bentuk upah, tetapi bisa juga berbentuk non-upah.

Faktanya, saat ini masih banyak dijumpai perusahaan yang kuran memperhatikan karyawannya. Kebanyakan karyawan hanya dianggap sebagai pekerja. Padahal, tanpa karyawan maka target sebuah perusahaan tidak akan tercapai.

Faktanya, memberikan penghargaan atau dukungan bisa dalam berbagai bentuk. Hal paling sederhana dan paling mudah adalah ucapan terimakasih. Namun, sebenarnya ada banyak sekali contoh bentuk dukungan kepada karyawan.

Mengizinkan Karyawan Bekerja dari Rumah

Saat ini, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan tanpa berada di tempat kerja. Beberapa jenis pekerjaan justru lebih nyaman ketika dikerjakan di rumah. Hasilnya juga lebih efektif serta efisien.

Tempat bekerja tidak selalu berada di kantor. Rumah juga bisa menjadi tempat kerja yang nyaman ketika perkerjaan tersebut sesuai. Apalagi, dengan dukungan teknologi informasi yang sudah berkembang seperti sekarang.

Memberikan izin kepada karyawan untuk bekerja dari rumah sesekali adalah salah bentuk dukungan. Perusahaan tidak perlu menyediakan fasilitas tambahan. Cukup memberikan izin sesekali supaya karyawan bisa mengerjakan sesuatu dengan nyaman.

Kantor tidak selamanya menjadi tempat ternyaman untuk bekerja. Ketika memaksakannya, maka akan muncul rasa jenis. Tentu saja perusahaan yang memanusiakan manusia tidak akan membiarkan para pegawainya merasa jenuh, bukan?

Memberikan Cuti Tambahan Kepada Karyawan

Cuti adalah salah satu hal yang paling dinantikan bagi para pegawai. Namun, tidak semua tempat kerja memberikan hak cuti bagi pegawainya. Padahal, cuti merupakan salah satu hak bagi setiap pegawai.

Bisa saja cuti adalah momen yang paling ditunggu. Sudah lama bekerja dan semakin merasa jenuh karena aktivitas yang semakin menumpuk. Cuti bisa mengurangi risiko pegawai mengalami depresi berat.

Memang, tidak perlu semua pegawai perlu diberikan cuti. Perusahaan bisa memberikan hadiah berupa cuti tambahan bagi pegawai berprestasi. Langkah ini bisa memicu semangat pegawai untuk bekerja lebih giat.

Cuti akan dipakai untuk mengunjungi tempat yang sudah diimpikan. Tempat wisata atau hanya berkumpul bersama keluarga bisa menjadi momen berharga. Jadi, menambahkan jatah cuti merupakan salah satu bentuk dukungan.

Paket Liburan Khusus Pada Periode Tertentu

Salah satu bentuk penghargaan lain yang bisa diberikan kepada pegawai adalah memberikan paket liburan. Paket ini bisa diberikan kepada pegawai dengan pencapaian terbaik selama periode waktu tertentu.

Setiap pegawai pasti akan senang jika kinerjanya dihargai dengan cara seperti ini. Apalagi, liburan adalah hal yang mungkin jarang dinikmati selama bekerja. Pekerjaan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Tidak perlu memilih tepat liburan jauh dan mewah dari kantor. Ketika paket liburan ini diberikan, dimanapun tempatnya pasti akan membuat seseorang senang. Kinerja dalam menyelesaikan tugas juga pasti ditingkatkan.

Periode penghargaan ini bisa setiap 3 atau 6 bulan sekali. Selama periode tersebut, pegawai dengan kinerja terbaik berhak mendapatkan hadiah. Hadiahnya adalah paket liburan khusus.

Apresiasi dengan Berlibur Bersama Semua Karyawan

Liburan bersama mungkin terdengar cukup sederhana. Namun, siapa yang menyangka bahwa ternyata hampir semua karyawan menginginkan hal tersebut. Berlibur bersama semua teman kerja serta atasan.

Metode ini mampu meningkatkan komunikasi antar sesama karyawan dengan atasan. Setiap orang bisa saling mengenal satu sama lain. Bahkan, karakter seseorang bisa lebih terlihat jelas.

Cara ini akan sangat efektif memberikan penghargaan kepada setiap orang. Meskipun sederhana, tetapi manfaatnya sangat besar. Langkah sederhana untuk mempererat hubungan antar karyawan dengan atasan.

Penghargaan yang paling sederhana sekalipun pada dasarnya sangat diperlukan. Karyawan bukanlah robot yang bisa bekerja tanpa lelah. Oleh sebab itu, apresiasi menjadi bentuk kepedulian perusahaan kepada para karyawan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *