Efek Pandemi Covid-19, Belajar Online di Rumah Sangat Mempengaruhi Konsentrasi Anak dalam Memahami Pelajaran


Notice: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in /home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php on line 1614

Pandemic covid-19 yang sedang dialami oleh hampir seluruh wilayah di dunia ini mengakibatkan perubahan di berbagai aspek kehidupan, mulai dari ekonomi hingga pendidikan. Kasus covid-19 yang terus mengalami kenaikan membuat banyak orang merasa khawatir sehingga sekolah atau lembaga pendidikan terpaksa harus ditutup agar tidak terjadi penyebaran.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa belajar karena pada dasarnya menuntut ilmu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk saat berada di rumah. Dengan adanya teknologi yang canggih membuat kita bisa belajar secara online di rumah sehingga orang tua harus ikut mendampingi.

Apa Itu yang Dimaksud Belajar Daring?

Sekarang ini, belajar online atau belajar daring memang sedang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Belajar daring merupakan kegiatan belajar jarak jauh yang melibatkan teknologi atau jaringan internet agar terhubung satu dengan lainnya. Jadi, kegiatan belajar ini bisa dilakukan dari tempat yang terpisah.

Untuk melakukan belajar daring, tentu dibutuhkan perangkat seperti tablet, laptop, atau ponsel yang terhubung dengan internet. Terkadang, dibutuhkan juga aplikasi tertentu untuk menghubungkan anak dengan murid lainnya sekaligus dengan para guru. Proses pembelajaran seperti ini memang bisa dijadikan solusi di tengah pandemi yang sedang melanda.

Seberapa Efektif Suatu Pembelajaran Online?

Banyak orang yang mempertanyakan apakah belajar secara online itu lebih efektif dibanding belajar secara langsung di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Pada dasarnya, setiap metode pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, termasuk belajar daring. Efektif atau tidaknya sebenarnya tergantung dari anak dan orang tuanya.

Beberapa anak justru lebih mudah memahami pelajaran saat mereka belajar di rumah dengan bantuan teknologi. Namun, sebagian besar orang tua mengeluhkan kegiatan belajar anak saat di rumah karena konsentrasinya mudah digoyahkan oleh berbagai hal, misalnya bermain dengan saudara, bermain game di ponsel dan lainnya.

Siapa Saja yang Dapat Menjangkau Pembelajaran Online Tersebut?

Jika membahas tentang siapa yang dapat menjangkau pembelajaran online, maka tergantung apakah memiliki peralatan yang dibutuhkan dalam mengakses pembelajaran online tersebut. Asal Anda memiliki perangkat, seperti ponsel, laptop, atau tablet serta koneksi internet maka Anda bisa mengikuti pembelajaran online tersebut.

Hanya saja, beberapa pembelajaran tidak bisa diikuti oleh sembarang orang sehingga diberikan password atau akun untuk bisa mengikutinya. Dengan begitu, hanya orang-orang yang diberikan akses oleh admin yang bisa mengikuti pembelajaran. Biasanya, platform seperti ini digunakan oleh satu kelas di sekolah.

Fasilitas Apa yang Didapat untuk Mengikuti Pembelajaran Online

Fasilitas pembelajaran online sebenarnya tergantung dari pihak pelaksana karena setiap lembaga pendidikan memiliki fasilitas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan para pelajar. Misalnya, disediakan platform video untuk belajar agar konsentrasi anak terjaga sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung seperti belajar dengan melihat guru secara langsung.

Umumnya, beberapa fasilitas yang disediakan untuk menunjang pembelajaran online adalah koneksi internet, forum diskusi, video conference, akses ke berbagai referensi, download e-book, dan masih banyak lainnya. Setiap fasilitas tersebut tentu bisa membuat pembelajaran online semakin efektif meski tidak dilaksanakan di sekolah secara langsung.

Apa yang Diperlukan untuk Mengikuti Pembelajaran Online?

Tidak mudah memang mengikuti pembelajaran secara online karena banyak hal-hal yang mampu mengganggu konsentrasi anak. Oleh karena itu, harus ada beberapa hal untuk dipersiapkan agar anak semakin siap menerima materi dari guru atau sumber lainnya. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan tempat belajar yang nyaman.

Pastikan anak memiliki tempat belajar tersendiri agar tidak ada hal-hal lain yang mengganggu konsentrasi saat belajar. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan koneksi internet yang baik agar pembelajaran selalu lancar tanpa gangguan koneksi. Alat tulis dan buku materi yang akan dipelajari juga harus dipersiapkan.

Siapa yang Dapat Dihubungi Apabila Menghadapi Masalah Teknis?

Saat melakukan pembelajaran secara online, sering kali kita menjumpai masalah teknis pada ponsel atau perangkat yang digunakan. Apabila masalah ini terjadi tentu membuat proses belajar terganggu dan terhambat sehingga semangat untuk belajar juga menurun. Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi orang yang tepat untuk memperbaikinya.

Tenaga atau ahli service ponsel bisa menjadi pilihan saat perangkat untuk pembelajaran online sedang mengalami masalah. Pandemi sekarang ini memang membuat banyak pihak kesulitan, termasuk untuk melakukan pembelajaran. Meski begitu, orang tua harus tetap membimbing anaknya untuk belajar online agar tidak ketinggalan dalam hal pendidikan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *