Lakumas Edu : Penggunaan Sistem ERP vs Excel Manual

Untuk dapat maju bersama Lakumas, dikenal istilah ERP atau enterprise resource planning, di mana kemudahan untuk mengelola bisnis berupa aplikasi. ERP dijadikan selaku informasi dari perusahaan dimana penerapannya mempertimbangkan kemajuan teknologi.

Sistem ini menjadi info akurat seluruh aktivitas manufaktur dengan memperlihatkan data produksi, proses order, hingga pengelolaan inventori. Hal-hal yang masuk ke dalam ranah istilah ini dimulai dari keuangan hingga manajemen karyawan secara menyeluruh.

Dalam dunia bisnis industri 4.0 seperti sekarang ini, peranan ERP sangat penting untuk menjawab tantangan zaman. Dunia bisnis menjadi semakin fleksibel dan praktis, tidak lain karena salah satunya atas dukungan aplikasi ini untuk menciptakan lingkungan kerja lebih kondusif.

Banyak perusahaan non-IT yang menaruh harapan besar supaya perusahaan mereka dapat lebih berkembang ketika memanfaatkan aplikasi ERP. Jika ingin berkembang dan bertahan maka setiap perusahaan dalam bidang apapun itu harus bisa menyesuaikan diri dengan zaman.

Perbandingan ERP vs Ms Excel

Upaya untuk maju bersama Lakumas dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi canggih di atas, namun juga dapat memanfaatkan Microsoft Excel pada PC. Keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Kami akan coba menggambarkan dalam ilustrasi tabel berikut:

Sistem Kecepatan Kemudahan Akurasi Keamanan

Pemulihan Data

ERP Cepat Otomatis Akurat Login akun

Mudah

Ms. Excel Kurang Manual Akurat Password file

Sulit

Penggunaan Microsoft Excel memiliki kecepatan kurang dari ERP karena memang harus memasukkan semuanya secara manual, termasuk pembuatan tabel. Sementara untuk aplikasi akuntansi memang diberikan kecepatan super, namun harus menginput data secara akurat.

Jika dibandingkan akurasi antara kedua software diatas dikembalikan kepada ketelitian tenaga penginput. Sebab meskipun data di input secara manual tetap tidak mengurangi akurasi apabila orang yang memasukkan data tersebut memastikan terlebih dahulu tidak ada kesalahan.

Untuk melakukan pengamanan pada Excel Anda dapat menciptakan kata kunci untuk berbagai file yang dianggap penting. Sementara pada aplikasi tertentu demi menciptakan nuansa keamanan maka dibutuhkan login atau masuk ke akun, di mana di dalamnya memuat data penting.

Ketika merasa harus mencadangkan atau memulihkan data, industri 4.0 sudah memberikan kemudahan melalui eksistensi aplikasi akuntansi. Microsoft Excel memiliki kapasitas ruang penyimpanan tidak terlalu besar dibandingkan dengan aplikasi akuntansi ERP.

ERP Industri 4.0 Maju Bersama

Kelebihan dan Kekurangan ERP vs Ms Excel

Pada setiap software yang disediakan industri 4.0 saat ini pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, demikian juga dengan aplikasi ERP.

Kelebihan:

  1. Efisien dan produktif Karena aplikasi ini mendukung memasukkan data secara berkelanjutan an.
  2. Akurasi input data sama dengan akurasi pengambilan keputusan.
  3. Perusahaan menjadi lebih hemat karena tidak memerlukan tenaga kerja manusia.
  4. Berbagai informasi di ERP bisa diakses semua pegawai, jadi lebih transparan.

Kekurangan:

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih besar.
  2. Butuh waktu lama agar pegawai mampu beradaptasi.
  3. Perlu proses rumit untuk memperoleh kepraktisan software.

Sementara itu kelebihan dan kekurangan menggunakan Microsoft Excel adalah:

Kelebihan:

  1. Kompatibel pada MAC maupun Windows.
  2. Lebih mudah dioperasikan.
  3. Lembar kerja luas serta besar.
  4. Lebih murah dibandingkan membeli aplikasi akuntansi.
  5. Akan melakukan pembaruan dalam mengolah angka jika perlu.

Kekurangan:

  1. Akses untuk menjalankan fungsi program tidak banyak.
  2. Kian berkembang Sistem Operasi PC maka terkadang Ms Excel tidak bersahabat pada PC jadul.
  3. Hasil dokumen kadang kurang stabil.

Menyadari kemajuan teknologi digital dalam dunia bisnis, Lakumas memutuskan beralih ke ERP. Dengan kehadiran rencana produksi, rencana penjualan, dan inventory sebagai upaya untuk terus maju bersama Lakumas.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *