Kopi : Minuman Peningkat Produktivitas Kerja

Bekerja bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda dituntut untuk selalu memberikan sebuah inovasi dalam pekerjaan. Memang betul, sebuah pekerjaan memiliki tantangannya masing-masing. Beban pekerjaan antara satu pekerjaan dan pekerjaan lainnya tidak bisa disamakan. Tanggung jawab dan tekanan yang ada berasal dari faktor internal maupun eksternal, terkadang membuat seorang pekerja berada pada posisi stuck. Jika seorang pekerja ada pada posisi yang stuck dalam pekerjaannya, produktivitas lama kelamaan akan menurun.

Produktivitas seorang pekerja adalah kunci keberhasilan dari pekerjaan yang dijalankan. Apabila seorang pekerja sudah tidak produktif, pekerjaan bisa berantakan. Jika Anda berada pada posisi tersebut, baiknya Anda mencari cara untuk kembali produktif agar pekerjaan bisa terus berjalan dengan lancar. Banyak cara untuk meningkatkan produkivitas bekerja, salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang berfungsi untuk meningkatkan semangat.

Fakta Tentang Kopi

Fakta tentang kopi

Meminum kopi, diyakini banyak orang adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas bekerja. Menurut penelitian dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, kafein yang terkandung dalam kopi mampu meningkatkan kewaspadaan, penalaran, orientasi, perhatian, serta persepsi seseorang. Penelitian tersebut diyakini benar adanya, karena sudah banyak orang yang merasakan manfaat positif dari meminum kopi demi meningkatkan semangat bekerja.

Kopi juga dapat bermanfaat untuk mental Anda. Meminum kopi ternyata dapat membuat seseorang menjadi percaya diri dalam melakukan pekerjaan. Penelitian dari University of North Carolina, menyatakan bahwa kopi dapat menghilangkan kekakuan, sehingga Anda bisa lebih percaya diri untuk bekerja dan menyelesaikan berbagai masalah dalam pekerjaan. Meminum kopi bersama rekan kerja di kantor juga bisa mendekatkan hubungan sosial antar para pekerja, jadi lingkungan tempat Anda bekerja bisa membuat Anda semakin nyaman.

 

Waktu Terbaik Minum Kopi

Waktu terbai minum kopi

Kebanyakan dari kita berpikiri bahwa waktu terbaik minum kopi adalah di malam hari, namun ternyata waktu tersebut bukanlah waktu yang cocok untuk mengkonsumsi kopi. Jika Anda merasa lelah dalam bekerja, Anda disarankan untuk beristirahat agar kerja otak tetap baik, bukan malah meminum kopi. Waktu terbaik minum kopi adalah pukul 09.30-11.30, sedangkan pada siang hari antara pukul 13.30-15.30. Kopi cocok sekali dikonsumsi pada waktu tersebut, mengingat waktu tersebut adalah waktu yang rentan bagi pekerja kehilangan konsentrasi dalam bekerja.

 

Meningkatkan Produktivitas

Kopi meningkatkan produktivitas

Pekerja yang ada di luar negeri sudah menganggap konsumsi kopi sebagai gaya hidup, bukan hanya sekadar minuman biasa. Pada dasarnya, pekerja dan produktivitas menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan, keduanya harus sejalan. Rutinitas bekerja yang monoton bisa membuat Anda bosan dan jika merasa bosan produktivitas bisa terganggu. Mengkonsumsi kopi bisa menjadi jalan keluarnya, produktivitas meningkat disebabkan oleh senyawa dopamin yang dilepaskan oleh otak sehingga otak bisa melepaskan rangsangan baru. Efek dari dopamin ini lebih terasa jika seseorang pekerja sedang merasa lesu, maka dengan meminum kopi otak akan kembali fresh dan ide-ide kreatif bisa datang.

Manfaat dari kopi bagi produktivitas memang sudah terbukti. Konsumsilah kopi sesuai dengan kebutuhan Anda, ajak rekan kerja Anda untuk meminum kopi sambil berbincang ringan mengenai pekerjaan yang sedang dilakukan. Mengkonsumsi kopi demi meningkatkan produktivitas adalah kebiasaan yang diterapkan dalam lingkungan kerja di PT. Laksana Kurnia Mandiri Sejati (LAKUMAS). Perusahaan yang memfasilitasi para pekerjanya dengan baik dapat menjadi nilai tambah yang bisa berdampak pada meningkatkan produktivitas dan semangat kerja bagi para pekerja.

#KopiTingkatkanProduktivitasKerja

#MajuBersamaLakumas

 

Referensi:
1
2
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *