Mengenal Serat Tencel

Saat ini Bahan bahan ramah lingkungan menjadi  sebuah tren di masyarakat . Misalnya, fashion saaat ini banyak menggunakan tema sustainable fashion dan ramah lingkungan. Dalam Hal ini, Bahan serat lyocell Tencel telah menjadi favorit bagi para produsen dan desainer fashion di Indonesia.

Nama Tencel  merupakan sebuah merek dagang dari serat lyocell yang diproduksi oleh perusaahan Lenzing AG. Kepopuleran branding Tencel membuat istilah Tencel lebih umum digunakan dari pada lyocell baik untuk produk masih serat atau fiber maupun yang sudah menjadi kain.

Tencel ini dibuat dari material lyocell. Serat lyocell adalah salah satu serat buatan selulosa yang akhir-akhir ini banyak digunakan oleh industri tekstil sebagai alternatif pengganti dan pelengkap serat selulosa lainnya seperti rayon viskosa, kupro, modal, asetat dan juga serat kapas.

Lyocell merupakan serat selulosa buatan tanpa menggunakan kedua senyawa kimia tersebut. Bahan dasar serat selulosa lyocell ini berupa chemical pulp regenerasi yang terbuat dari bambu tumbuk dan kayu. Tidak hanya hemat energi, perlindungan lingkungan, tetapi juga pembangunan berkelanjutan. Pakaian yang terbuat dari serat ini tidak hanya memiliki kilau alami , pegangan halus, kekuatan tinggi dan hampir tidak ada penyusutan, tetapi juga memiliki permeabilitas kelembaban yang baik dan permeabilitas udara .Bahan yang dicampur dengan wol memiliki efek yang baik.

Kelebihan Bahan Tencel

  1. Kain Dari bahan Tencel terasa lembut di kulit. Karena sifat ini, Tencel banyak digunakan sebagai produk dan sprei
  2. Tencel nyaman digunakna karena terasa sejuk saat dipakai.
  3. Warna tidak mudah luntur.
  4. Tencel memiliki sifat anti bakteri, Sehingga aman digunakan.

Di Indonesia sudah banyak sekali produk yang menggunakan bahan ini seperti untuk kebutuhan sprei dan fashion. Brand-brand fashion ternama di Indonesia juga sudah banyak yang mengeluarkan produk dengan Tencel seperti LEVIS, dan H&M. Bahkan Produk Benang Candimas yang kami jual, merupakan hasil kaloborasi dari serat Tencel. Dengan segala kelebihannya, benang CANDIMAS cepat menjadi bahan baku favorit industri tenun tradisional dan sudah digunakan pengrajin tenun di 15 provinsi Indonesia. LAKUMAS sebagai pelopor kain tenun di Indonesia, senantiasa berkomitmen untuk mendukung keberlajutan tenun tradisi Indonesia dengan benang ramah lingkungan, yakni benang CANDIMAS. Demikian penjelasan tentang apa itu Tencel dan tentang sedikit ulasan  produk kami, semoga bemanfaat.

 

 

Mari maju #bersamalakumas

Share:

One thought on “Mengenal Serat Tencel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.