KONTRIBUSI PT. LAKSANA KURNIA MANDIRI SEJATI (LAKUMAS) DI ADIWASTRA NUSANTARA 2019

Adiwastra Nusantara adalah pameran kain adati terbesar di Indonesia yang telah diselenggarakan setiap tahun sejak 2008 di Jakarta. Wastra artinya kain dan Adi berarti unggul atau terbaik, sehingga Adiwastra Nusantara berarti pameran kain-kain tradisional unggulan dari seluruh wilayah Indonesia.

Pameran ini digagas oleh komunitas pecinta dan pegiat promosi kain adati nusantara yang dimotori oleh Edith Ratna Soeryosoeyarso dan kawan-kawan. Tujuan dari pameran ini antara lain untuk terus mengobarkan semangat pelestarian serta pengembangan kain adati nusantara sebagai kekayaan bangsa yang beragam dan memiliki keindahan serta nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal yang tinggi.

PT. Laksana Kurnia Mandiri Sejati (Lakumas) mengikuti Adiwastra Nusantara ke-12 tahun 2019 ini yang diselenggarakan pada tanggal 20 – 24 Maret 2019, di Balai Sidang Jakarta (JCC), Hall A dan B, menempati area pameran seluas lebih kurang 12.000 m2. Lebih dari 400 peserta pameran UKM/ perajin wastra dari seluruh wilayah Indonesia akan menggelar aneka ragam produk wastra seperti batik, tenun ikat, songket dan sulam serta aneka produk fesyen berbasis wastra adati. Jumlah pengunjung Adiwastra Nusantara 2019 diperkirakan sekitar 40.000 orang dengan jumlah transaksi mencapai 45 – 50 milyar rupiah.

Adiwastra Nusantara didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait yang membina dan menaungi UKM perajin wastra serta pegiat ekonomi kreatif berbasis wastra, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Badan Ekonomi Kreatif serta beberapa lembaga pemerintah dan swasta lainnya. PT. Laksana Kurnia Mandiri Sejati bersama dengan Lenzing dengan Fiber Tencelnya bekerja sama dengan pengrajin dan perancang busana ternama Merdy Sihombing mengisi acara talk show dengan tema “New Age Fiber”.

   

WASTRA ADATI GENERASI DIGITAL

Penyelenggaraan pameran Adiwastra Nusantara ke 12 tahun 2019 ini mengusung tema “Wastra Adati Generasi Digital”. Minat masyarakat terhadap kain adati terus meningkat dari tahun ke tahun. Tren ke arah nuansa etnik atau tradisi serta gaya hidup kembali ke alam yang banyak dianut para generasi muda, turut mendongkrak pemakaian kain adati di kalangan generasi muda. Citra kain adati kini tidak hanya monopoli generasi lansia semata, kaum milenial, generasi digital pun banyak menyukai kain tradisi, tidak hanya untuk peristiwa resmi tetapi juga untuk suasana kasual dan sehari-hari.
Para perancang busana dari kalangan generasi muda semakin banyak memunculkan ide-ide segar dan inovatif, sesuai karakter generasinya. Kecenderungan ini dengan cepat berkembang didukung oleh sistem pemasaran dan penjualan digital. Sebuah keniscayaan yang positif dan tak terelakkan. Inilah antara lain yang mendorong diusungnya tema tersebut di atas.

IKON ADIWASTRA NUSANTARA 2019

Dalam setiap penyelenggaraan pameran Adiwastra Nusantara, panitia selalu memilih dan menetapkan beberapa produk wastra yang diunggulkan untuk ditampilkan secara khusus sebagai ikon Adiwastra Nusantara. Ikon Adiwastra Nusantara 2019 terdiri dari :

1. Kain Dodotan Solo koleksi Batik Sriharta dan kolektor lainnya.

2. Batik Sudagaran Solo, koleksi Hartono Sumarsono

3. Kain Ulos kuno, koleksi Torang Sitorus

4. Kain Unggulan Palembang koleksi Darwina Ponco Sutowo

5. Pasar Batik Madura

6. Pesona Shibori, Museum Shibori Kyoto

PELUNCURAN DAN BEDAH BUKU “BATIK SUDAGARAN SOLO”

Pada tanggal 20 Maret pukul 14.00 akan diadakan peluncuran dan bedah buku ‘Batik Sudagaran Solo” karya Hartono Sumartono, seorang pengusaha batik dan kolektor batik serta kain-kain adati Nusantara. “Batik Sudagaran Solo” merupakan buku ke-5 yang membahas tentang koleksi batik Hartono Sumartono. Buku-bukunya yang lain adalah : “ Batik Pesisir Pusaka Indonesia, “Benang Raja”, “Batik Garutan” dan “Batik Betawi”.

LOMBA SELENDANG INDONESIA

Selendang Indonesia merupakan istilah generik bagi produk wastra yang dianggap bisa berfungsi ganda, sebagai kain yang berfungsi tradisional maupun menjadi pelengkap busana modern. Tahun 2019 merupakan tahun ke-2 penyelenggaraan Lomba Selendang Indonesia. Diikuti oleh puluhan perajin/ perancang batik, tenun dan jumputan dari seluruh Indonesia, memperebutkan piala khusus serta hadiah uang pembinaan bagi para pemenang lomba.

TALKSHOW, DEMO & WORKSHOP

1. Talkshow : IKM Tanggap Digital oleh Kementerian Perindustrian

2. Kosmetik Berbasis Budaya untuk Milenial dari Mustika Ratu

3. New Age Fiber dari PT Lakumas

4. Workshop Kriyawastra dari Dharma Pertiwi

5. Demo Upacara Minum Teh Jepang oleh Shoko Ochiai

 

Sumber Berita :

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2019/03/15/edith-ratna-soeryosoeyarso-dan-kawan-kawan-kembali-gelar-adiwastra-nusantara-2019?page=all

https://epaper.kontan.co.id/news/604334/Serat-Tencel-untuk-Kain-Tradisional#

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3915906/adiwastra-nusantara-2019-sasar-generasi-milenial-apa-saja-acaranya

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *